Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Awan (Penjelasan, Gambar)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang Jenis-Jenis Awan / Macam-Macam awan beserta penjelasan dan gambarnya.

JENIS / MACAM-MACAM AWAN
 
1.) Kelompok Awan Tinggi ( Ketinggian 6 - 12 km, Ditandai dengan kata siro atau sirus )

a. Awan Cirus
awan-sirus.jpg

Awan sirus berwarna putih tipis pada siang hari dan mengkilat karena banyak mengandung kristal es. Awan sirus sering berwarna merah atau kuning cerah menjelang dan saat matahari terbit atau setelah matahari terbenam.

b. Awan Sirokumulus
awan-sirokumulus.jpg

Awan sirokumulus berbentuk gumpalan - gumpalan kecil dan tampak seperti ikan. Awan sirokumulus relatif jarang muncul dan selalu bergabung dengan awan sirus atau sirostatus.

c. Awan Sirostatus
awan-sirostratus.jpg

Awan sirostatus berwarna putih tipis dan tampak seperti tirai kelambu yang sangat halus. Oleh karena itu , Awan sirostatus dapat membuat langit kelihatan seperti susu atau memperlihatkan susunan berserat. Jika terkena sinar matahari awan sirostatus akan menimbulkan bayangan di tanah.

2.) Kelompok Awan Sedang ( Ketinggian 2 - 6 km, Ditandai dengan kata Alto )

a. Awan Altokumulus
awan-altokumulus.jpg

Awan altokumulus berwarna putih atau kelabu dan tampak seperti gumpalan kapas pipih. Altokumulus terdiri dari tetes air, tetapi pada suhu yang sangat rendah dapat berbentuk kristal es. Altokumulus dapat membentuk suatu lapisan yang seragam dan cukup luas.

b. Awan Altostratus
awan-altostratus.jpg

Awan altostratus berlapis - lapis seperti pita dan berwarna kelabu. Jika terkena matahari atau bulan tidak akan menimbulkan bayangan.

3.) Kelompok Awan Rendah ( Ketinggian 0,8 - 2 km, Ditandai Dengan kata Strato )

a. Awan Stratokumulus
awan-stratokumulus.jpg

Awan stratokumulus bergumpal - gumpal lembut dan berwarna abu - abu. Stratokumulus terdiri atas tetes awan dan kadang - kadang mengandung tetes hujan. Awan jenis ini Kadang - kadang disertai curahan hujan dengan intensitas yang kecil.

b. Awan Stratus
awan-stratus.jpg

Awan stratus terlihat berlapis - lapis seperti kabut tipis. Jika awan stratus melewati cahaya matahari atau bulan, garis bentuk matahari atau bulan dapat dilihat. Awan stratus menjadi kabut jika meyentuh permukaan bumi.

c. Awan Nimbostratus
awan-nimbostratus.jpg

Awan nimbustratus merupakan lapisan awan rendah berwarna abu - abu gelap, tidak berbentuk dan terlihat basah. Karena berwarna gelap dan tebal, cahaya matahari tidak terlihat saat menembus awan nimbostratus. Pada cuaca yang buruk, suatu lapisan nimbostratus dapat bergabung dengan awan rendah yang berada di bawahnya.

4.) Kelompok Awan dengan Perkembangan Vertikal ( Kurang Dari 2 km )

a. Awan Kumulus
awan-kumulus.jpg

Awan kumulus berkembang secara vertikal berbentuk kubah atau menyerupai bunga kol dengan lengkungan berwarna putih cemerlang jika terkena sinar matahari. Bagian dalam yang hampir horizontal berwarna gelap. Di atas daratan awan kumulus biasanya muncul pada pagi hari dan menghilang sebelum malam.

b. Awan Kumulonimbus
awan-kumulonimbus.jpg

Awan kumulonimbus berkembang secara vertikal berbentuk seperti gunung atau menara. Pada bagian atas awan kumulonimbus beserat dan sering menyebar. Kumulonimbus mengandung tetes hujan yang besar sehingga dapat menimbulkan terjadinya hujan secara tiba - tiba.

Demikian artikel tentang Jenis-Jenis Awan / Macam-Macam awan beserta penjelasan dan gambarnya.  Semoga dapat menambah pengetahuan kita..

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Awan (Penjelasan, Gambar)"