17 Perangkat Masukan / Input Device Komputer



Perangkat masukan atau input device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer yang berupa signal input menuju bagian pemroses untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Ada 2 macam perangkat masukan, yaitu : 
- Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Misal keyboard, mouse.
- Alat input tidak langsung memerlukan media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses, misal disket, flashdisk.
Berikut contoh perangkat masukan / input device komputer beserta gambarnya :

A. PERANGKAT MASUKAN / INPUT LANGSUNG

1. Keyboard

 
Keyboard merupakan perangakat masukan ynag menyerupai mesin ketik yang berfungsi untuk memasukkan data berupa teks (huruf,angka,tanda baca, atau karakter). Penciptaan keyboard berasal dari model mesin ketik yang diciptakan oleh Christopher Latham pada tahun 1868. Keyboard yang digunakan sekarang adalah jenis QWERTY. Jumlah tombol pada keyboard berjumlah 104 tombol. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port yaitu port serial, PS/2, USB, dan wireless. Jenis-jenis keyboard, yaitu: QWERTY, DVORAK, KLOCKENBERG.

2. Mouse

 

Mouse merupakan alat penunjuk ( screen pointing device) pada computer. Selain menggerakkan kursor, mouse juga dilengkapi dengan tombol klik kanan dan kiri yang digunakan sebagai pengganti enter dan fungsi Select pada keyboard.

3. Light Pen

 

Light Pen merupakan perangkat masukan berupa pena yang disambungkan kabel debelakangnya, dimana kabel ini akan dihubungkan langsung ke computer. Light Pen menggunakan cahaya ketika menerima masukan.

4. Joystick

 

Joystick merupakan perangkat keras pada computer yang biasanya digunakan untuk game computer. Alat ini memiliki tombol dan sebuah tuas yang bisa digerakkan kesegala arah untuk mengendalikan gerakan objek pada monitor.

5. Touch Pad

 

Touch Pad merupakan perangkat penunjuk berupa tempat datar untuk menggeser pointer pada layar monitor dengan menempelkan jari diatasnya, kemudian digeser kea rah yang dikehendaki.

6. Touch Screen

 

7. Trackball

perangkat input trackball


Trackball merupakan alat masukan yang prinsip kerjanya hamper sama dengan mouse. Bedanya jika ingin menggerakkan pointer mouse dilayar diperlukan pergeseran mouse, sedangkan trackball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball kearah yang dikehendaki dengan jari.

8. Microphone

perangkat input mikropon


Microphone adalah perangkat keras yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital. Fungsi mikrofon adalah untuk merekam suara. Alat ini biasa digunakan saat konferensi atau saat melakukan video call.

9. Scanner

perangkat input scanner



Scanner merupakan alat masuka yang didesain untuk menyalin atau mengopi teks ataupun gambar grafis dalam computer untuk kemudian disimpan dalan bentuk file.

10. Digitizer

 

11. Voice recognition / Pengenal Suara



Kemampuan mengenal secara spesifik suara individual, mirip dengan pengenalan sidik jari. Teknologi ini memiliki kemampuan untuk menafsirkan kata-kata yang diucapkan oleh manusia. Dalam pengaplikasiannya dengan menggunakan teknologi ini, anda dapat memberi perintah kepada komputer secara lisan. Misalnya dengannya anda dapat menulis surat tanpa perlu mengetiknya. Untuk itu anda harus menggunakan mikrofon. Program semacam ini banyak macamnya di antaranya adalah Via Voice dari IBM.

12. Barcode scanner / pemindai Barcode


13. Fingerprint scanner / pemindai sidik jari

Pemindai sidik jari atau fingerprint scanner adalah perangkat keras yang dapat memindai sidik jari dan menampilkannya di komputer. Pemindai sidik jari biasanya berfungsi sebagai alat pengaman komputer atau sebagai salah satu mesin absensi.

B. PERANGKAT MASUKAN / INPUT TIDAK LANGSUNG

1. Flashdisk

 Perangkat input tidak langsung : flashdisk
2. CD / DVD Rom (Optical Drive)

Perangkat input tidak langsung : dvd rom

3. Disket
 
Perangkat input tidak langsung : disket
4. Harddisk External

Perangkat input tidak langsung : harddisk eksternal
Baca pula : 
Perangkat Keluaran / Output Device Komputer
18 Alat Pemroses / Process Device pada Komputer
 
Demikian artikel tentang perangkat masukan / input device langsung dan tidak langsung dan contoh beserta gambarnya. Semoga bermanfaat...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 17 Perangkat Masukan / Input Device Komputer

0 komentar:

Posting Komentar