Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyampaikan Sanggahan, Penolakan, dan Persetujuan Pendapat dalam Diskusi

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan materi Bahasa Indonesia tentang Cara Menyampaikan Sanggahan, Penolakan, dan Persetujuan Pendapat dalam Diskusi beserta Contohnya.

Di dalam sebuah diskusi Anda dituntut untuk mengeluarkan pendapat terhadap permasalahan yang sedang dibahas. Namun, karena diskusi merupakan bertukar pikiran, akan ada banyak pendapat yang muncul di dalam forum diskusi. Nah, selain menyampaikan pendapat, Anda juga dituntut untuk menyikapi pendapat – pendapat tersebut apakah Anda setuju atau pun tidak sependapat.

Cara Menyampaikan Sanggahan, Penolakan, dan Persetujuan Pendapat dalam Diskusi

Ketika mengikuti sebuah forum diskusi, yang harus diingat adalah ada cara bagaimana menyampaikan atau merespon pendapat orang lain. Hal ini dilakukan agar tidak ada pihak yang tersinggung di dalam sebuah forum diskusi. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas bagaimana cara menyampaikan sanggahan, penolakan, dan persetujuan pendapat.

Menyampaikan Pendapat

Pendapat adalah pandangan pribadi tentang suatu permasalahan. Agar Anda dapat menyampaikan pendapat yang logis dalam sebuah forum, yang perlu dilakukan adalah :
1. Menggunakan fakta dan opini yang kuat
2. Menggunakan bahasa yang meyakinkan
3. Berfikir secara kritis dan logis
4. Mampu menganalisa 
5. Tidak memaksakan pendapat

Contoh kalimat menyampaikan pendapat :

Menurut pendapat saya, Yogyakarta adalah kota pariwisata yang lengkap. Di sana ada wisata sejarah, pendidikan, maupun wisata hiburan. Oleh karena itu, sebaiknya kita menjadikan Yogyakarta sebagai tujuan wisata kita.”
Menurut kaca mata saya, subsidi BBM yang dilakukan oleh pemerintah belum menemui sasaran karena masih banyak orang – orang kaya yang juga menikmati subsidi tersebut. Oleh karena itu seharusnya pemerintah membuat sebuah regulasi baru untuk mobil – mobil mewah harus menggunakan Pertamax sebagai bahan bakar.”

Merespon Pendapat

Selain berpendapat, kita juga bisa merespon pendapat yang dikeluarkan oleh orang lain apakah kita menyetujui, menolak atau menyanggah pendapat orang lain. Sama halnya seperti menyampaikan pendapat, dalam merespon pendapat juga ada beberapa cara yang harus diperhatikan. Di bawah ini adalah respon-respon pendapat yang memungkinkan. 

Menyetujui Pendapat

Jika Anda memiliki pandangan yang sama dengan pendapat yang dikeluarkan oleh seseorang, Anda bisa menyetujui pendapatnya. Cara menyampaikan persetujuan pendapat yang benar adalah.
1. Singkat, jelas, dan tidak berbelit – belit
2. Mengakui pendapat yang disampaikan adalah benar
3. Menguatkan pendapat tersebut dengan memberikan opini Anda
4. Menggunakan bahasa yang sopan
5. Meminta izin terlebih dahulu kepada moderator

Contoh kalimat mendukung pendapat

Saya setuju dengan pendapat Saudara Aria Nugraha bahwa kita sebaiknya memasukkan Yogyakarta sebagai tujuan dari study tour ini, karena selain tempat wisatanya lengkap, biaya penginapan dan konsumsi disana juga relatif murah.” 
Apa yang dikatakan oleh Saudara Aria Nugraha sama dengan pendapat saya, bahwa pemerintah seharusnya memberikan regulasi kepada para pemilik mobil mewah untuk menggunakan Pertamax, sehingga dana subsidi yang dikeluarkan oleh pemerintah tidak terlalu banyak dan bisa digunakan pada bidang lain.”

Menyanggah Pendapat

Jika pendapat yang disampaikan tidak sesuai dengan apa yang Anda pikirkan, Anda bisa menyanggah pendapat tersebut. Berikut ini adalah cara menyanggah pendapat orang lain.
1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Menggunakan landasan yang kuat
3. Memberikan alasan yang kuat.
4. Meminta izin kepada moderator

Contoh kalimat menyanggah pendapat

Maaf saudara Aria Nugraha, saya kurang sependapat dengan pendapat Anda untuk memasukkan Yogyakarta sebagai tujuan study tour kita. Hal ini dikarenakan jarak yang harus ditempuh akan semakin jauh karena setelah dari Bandung kita akan menuju pulau Bali.”
Menurut saya, pendapat Saudara Aria Nugraha baik, tetapi dalam hal pelaksanaannya sangatlah mustahil karena untuk menetapkan regulasi tersebut sangatlah susah dan perlu waktu yang lama, sedangkan kita harus mencari solusi permasalahan ini segera.”

Menolak Pendapat

Apabila pendapat yang disampaikan tidak sesuai dengan apa yang sedang dibahas dalam diskusi, maka moderator bisa menolaknya. Berikut ini adalah cara menolak pendapat.
1. Tidak menyinggung perasaan orang lain.
2. Menggunakan bahasa yang santun karena yang ditolak adalah pendapat bukan orangnya.
3. Meminta izin terlebih dahulu kepada moderator.
4. Memberikan alasan yang kuat.

Contoh kalimat menolak pendapat

Maaf saudara Aria Nugraha, pendapat Anda tidak logis karena Anda tidak menyertai alasan – alasan yang kuat mengapa kita harus memasukkan Yogyakarta sebagai tujuan study tour kita. Sebaiknya Anda menyampaikan pendapat Anda dilengkapi dengan alasan dan bukti yang kuat.”

Maaf, pendapat Anda tidak bisa diterima karena bertolak belakang dengan tujuan dari diskusi kita kali ini. Tujuan diskusi kita kali ini adalah membahas tentang masalah kenaikan harga BBM bukan membahas tentang mobil mewah.”

Sumber : http://www.kelasindonesia.com/2015/06/cara-dan-contoh-kalimat-menyampaikan-sanggahan-penolakan-dan-persetujuan-pendapat.html

Demikianlah materi Bahasa Indonesia tentang Cara Menyampaikan Sanggahan, Penolakan, dan Persetujuan Pendapat dalam Diskusi beserta Contohnya. Semoga dapat bermanfaat..

Posting Komentar untuk "Cara Menyampaikan Sanggahan, Penolakan, dan Persetujuan Pendapat dalam Diskusi"