Ensiklopedia (Pengertian, Jenis, Manfaat / Fungsi)

 on Jumat, 30 September 2016 

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang Ensiklopedi / Ensiklopedia meliputi pengertian Ensiklopedia, Jenis-jenis Ensiklopedia dan manfaat / fungsi Ensiklopedia. Berikut artikel selengkapnya...

Pengertian Ensiklopedi

Ensiklopedi / Ensiklopedia adalah buku atau serangkaian buku yang menghimpun uraian tentang berbagai ilmu atau bidang ilmu tertentu dalam artikel terpisah dan biasanya tersusun menurut abjad. Ensiklopedia merupakan buku rujukan yang sangat populer. Kata ensiklopedia diambil dari bahasa Yunani, enkyklios paideia yang berarti "sebuah lingkaran atau pengajaran yang lengkap".

Ensiklopedia (Pengertian, Jenis, Manfaat / Fungsi)

Beberapa pengertian Ensiklopedia lainnya dari beberapa sumber :

Ada beberapa pengertian ensiklopedia (dari berbagai sumber), yaitu :
  1. Ensiklopedia adalah bahan rujukan yang menyajikan informasi secara mendasar namun lengkap mengenai berbagai masalah dalam berbagai bidang atau cabang ilmu pengetahuan; di samping itu ada pula ensiklopedia yang hanya mencakup satu cabang ilmu pengetahuan. Ensiklopedia lazimnya disusun menurut abjad. Pada umumnya ensiklopedia yang cakupan subyeknya luas  terdiri dari beberapa jilid disertai dengan indeks atau penjurus dijilid secara terpisah untuk menunjukkan letak informasi yang dibutuhkan di dalam ensiklopedia itu. (Abdul Rahman Saleh, 2009:78-79)
  2. Ensiklopedia yaitu suatu wadah untuk mengumpulkan keterangan-keterangan segala cabang ilmu pengetahuan yang memberikan pengertian dasar yang bersifat umum sampai pada keterangan-keterangan yang lebih lanjut. Ensiklopedia adalah suatu daftar subjek yang disertai keterangan tentang definisinya, dan latar belakangnya serta bibliografinya. Materinya disusun secara alfabetis dan sistematis. Dikerjakan oleh para ahli dalam bidangnya masing-masing dan diawasi oleh beberapa editor. Maka ensiklopedialah yang kerap dipakai daripada buku-buku reference lainnya. (Noerhayati S., 1988:203)
  3. Ensiklopedia adalah sejumlah tulisan yang berisi tentang penjelasan yang menyimpan informasi secara komprehensif dan cepat dipahami serta dimengerti mengenai keseluruhan cabang ilmu pengetahuan atau khusus dalam satu cabang ilmu pengetahuan tertentu yang tersusun dalam bagian artikel-artikel dengan satu topik bahasan pada tiap-tiap artikel yang disusun berdasarkan abjad, kategori atau volume terbitan dan pada umumnya tercetak dalam bentuk rangkaian buku yang tergantung pada jumlah bahan yang disertakan.
  4. Ensiklopedia merupakan artikel-artikel yang dibutuhkan sebagai sarana informasi ensiklopedia salah satu bidang ilmu pengetahuan dalam mengetahui pengetahuan yang diinginkan oleh pengguna.
  5. Ensiklopedia adalah buku atau serangkaian buku yang menghimpun keterangan atau uraian tentang berbagai hal di bidang seni dan ilmu pengetahuan yang disusun menurut abjad atau menurut lingkungan ilmu. (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Jenis-Jenis Ensiklopedia

Ensiklopedi pun dapat dibagi atas beberapa jenis yaitu : ensiklopedi umum/ nasional, ensiklopedi khusus atau ensiklopedi subyek dan ensiklopedi international/ universal.

1. Ensiklopedi umum/ nasional

Ensiklopedi umum atau ensiklopedi nasional adalah ensiklopedi yang berisi informasi dasar tentang hal-hal, abstraksi, konsep atau kejadian-kejadian umum. Tidak ada batasan khusus dalam cakupannya. Ensiklopedi seperti ini kebanyakan diterbitkan untuk digunakan di dalam suatu negara, karena itu sering pada judulnya menyebutkan kata nasional atau nama suatu negara tertentu. Isinya menekankan informasi mengenai negara bersangkutan, meskipun memuat juga informasi penting dari negara lain. Contoh : ENSIKLOPEDI INDONESIA. Jakarta: Ichtiar Baru – Van Hoeve, 1986..

2. Ensiklopedi Khusus atau Ensiklopedi Subyek

Ensiklopedi khusus adalah ensiklopedi yang membatasi cakupan isinya pada masalah atau mengenai subyek tertentu. Contoh: Effendi, Samsuri. ENSIKLOPEDI TUMBUH-TUMBUHAN BERKHASIAT OBAT YANG ADA DI BUMI NUSANTARA. Surabaya: Karya Anda, 1982.

 3. Ensiklopedi internasional

Ensiklopedi internasional adalah ensiklopedi yang memuat semua informasi (sedapat mungkin) di dunia, tanpa member penekanan pada informasi yang berasal dari suatu negara atau sekelompok negara tertentu. Ensiklopedi seperti ini, yang benar-benar tidak bias dalam memuat informasi, boleh dikatakan tidak ada. Kebanyakan memang member penekanan tertentu pada negara tertentu, terutama pada negara tempat terbit ensiklopedi itu. Contoh: ENCYCLOPAEDIA AMERICANA INTERNATIONAL EDITION. New York, Chicago: American Corporation, 30 volume, indeks pada volume terakhir.

4. Ensiklopedia Online

Ensiklopedia merupakan suatu bahan rujukan yang menyediakan berbagai informasi tentang berbagai ilmu pengetahuan atau satu cabang ilmu pengetahuan yang berisikan tentang ilmu mendasar sampai dengan keterangan-keterangan yang lebih lanjut yang disusun secara sistematis agar pengguna dapat dengan mudah memahami isi dari ensiklopedia tersebut. Dalam hal ini, bentuk ensiklopedia masih berupa buku atau bahan tercetak.

Sedangkan Online berarti terhubung, terkoneksi, aktif dan siap untuk operasi, dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer. Online ini juga bisa diartikan sebagai suatu keadaan dimana sebuah device (komputer) terhubung dengan device lain, biasanya melalui modem. Online merupakan sedang menggunakan jaringan, terhubung dalam jaringan, satu perangkat dengan perangkat lainnya yang terhubung sehingga bisa saling berkomunikasi. Dapat disimpulkan bahwa, online adalah suatu keadaan dimana sebuah device lain dengan menggunakan perangkat modem, sehingga bisa saling berkomunikasi.

Salah satu Ensiklopedia Online yang terkenal adalah Wikipedia.

Ensiklopedia (Pengertian, Jenis, Manfaat / Fungsi)
Manfaat Ensiklopedia

Ensiklopedia diciptakan memiliki tujuan tertentu. Suwarno (2011: 62) menyebutkan bahwa pada dasarnya Ensiklopedia memiliki 3 tujuan secara umum, yaitu:

1. Source of Answer to Fact Question

Bahwa Ensiklopedia dapat berperan sebagai sumber jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan fakta dan kenyataan serta data-data. Ensiklopedia disusun untuk menyajikan materi-materi yang berdasarkan pengetahuan ataupun kejadian dan sesuatu hal yang benar-benar ada, bukan karangan semata. Sehingga pengguna yang menggunakan ensiklopedia hanya akan mendapat jawaban yang akurat karena materi yang didapat berdasarkan pengetahuan dan fakta.

2. Source Of Background Service

Ensiklopedia sebagai sumber informasi yang memuat topik dan pengetahuan dasar yang ada hubungannya dengan suatu subjek dan berguna untuk penelusuran lebih lanjut. Bisa dikatakan bahwa Ensiklopedia pada dasarnya membahas berbagai macam hal dan fenomena yang dijadikan sebagai subjek bahasan untuk disajikan dalam bentuk cetakan.

3. Direction Service

Merupakan layanan pengarahan terhadap bahan-bahan lebih lanjut untuk para pembaca terhadap topik-topik yang dibahas. Setiap akhir pembahasan suatu subjek, pada ensiklopedia selalu dicantumkan referensi mengenai bahasan materi yang sudah dituangkan. Referensi ini bukan hanya sumber materi yang digunakan dalam pembahasan, namun juga sumber referensi lain yang berhubungan dengan materi yang sedang dibahas.

Sumber-sumber :
http://log.viva.co.id/news/read/501875-pengertian-perbedaan-jenis-dan-manfaat-ensiklopedia
https://mahayuperpusinfo2009.wordpress.com/category/ensiklopedia/
http://ilmu-pendidikan.net/pustaka/buku/tujuan-utama-ensiklopedia-secara-umum

Demikian artikel tentang Ensiklopedi / Ensiklopedia meliputi pengertian Ensiklopedia, Jenis-jenis Ensiklopedia dan manfaat / fungsi Ensiklopedia. Semoga bermanfaat...




Ensiklopedia (Pengertian, Jenis, Manfaat / Fungsi)4.55Cah SaminJumat, 30 September 2016artikel tentang Ensiklopedi / Ensiklopedia meliputi pengertian Ensiklopedia, Jenis-jenis Ensiklopedia dan manfaat / fungsi Ensiklopedia. Ensiklopedi / Ensiklopedia adalah buku atau serangkaian buku yang menghimpun uraian tentang berbagai ilmu atau bidang ilmu tertentu dalam artikel terpisah dan biasanya tersusun menurut abjad.Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya ...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.